Namarina Youth Dance Virtual Performance 2021

The Story of Man: In Search of A New Ideal

Manusia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari alam. Kemajuan manusia tidak terlepas dari kemampuannya untuk mengagumi, mempelajari, dan menanggapi alam, sebagai sumber inspirasi di segala lini kehidupan.

Sejak terlahir ke bumi, manusia telah melalui segala bentuk kendala demi bertahan dan kesejahteraan hidupnya; seperti membentuk peradaban, memajukan ilmu pengetahuan, melewati masa perang, mengedepankan hak-hak, dan lain sebagainya. Di balik segala perilaku tersebut, setiap aksi mempunyai reaksi yang setimpal dan setiap akibat mempunyai sebab. Baik dan buruk, sikap manusia akan menentukan masa depannya.

Mampukah manusia belajar dari sejarah dan masa lalunya untuk memperbaiki dan mempersiapkan diri? Karena siap atau tidak, manusia sendirilah yang akan merasakan akibat dari aksinya. 

Penggarapan ulang pementasan Namarina Youth Dance (NYD) di tahun 2010, kali ini ditampilkan kembali secara virtual untuk menanggapi situasi pandemi. (Foto: Aurel Larasati)

“The Story of Man: In Search of New Ideals”merupakan Virtual Performance pertama Namarina Youth Dance (NYD) yang diadaptasi dari pertunjukan “The Story of Man” yang sebelumnya pernah dipentaskan pada tahun 2010. Tarian karya Dinar Karina dan Sussi Anddri akan ditata ulang dan dikolaborasikan dengan karya baru koreografer muda; Andhini Rosawiranti dan Irninta Dwitika, yang akan merespon kondisi pandemi saat ini. Ditarikan oleh 18 penari muda berbakat NYD & NYD Apprentice dan akan bekerja sama dengan berbagai seniman yang bergerak di bidang pendukung seni pertunjukan seperti penata visual, musik, cahaya dan tata panggung lainnya guna terus melancarkan roda kesenian di Indonesia.

Pementasan virtual ini menuturkan perjalanan dan perjuangan umat manusia dalam beradaptasi dengan lingkungan, situasi dan kondisi dari berbagai periode peradabannya, termasuk periode “new normal” yang tengah kita alami di masa pandemi ini.

Beberapa dokumentasi latihan para penari di studio.
(Foto: Aurel Larasati)

NYD merasa sejarah peradaban manusia ini sangat tepat untuk ditampilkan dan diangkat kembali pada pementasan virtual kali ini, sebagai salah satu cara agar kita dapat merefleksi diri. Suatu masa dimana kita diharuskan untuk “berhenti” dari berbagai macam kegiatan atau rutinitas yang menyibukkan, agar dapat belajar dan mencari solusi dalam menjalankan kehidupan yang baru di era baru ini.

Direkam di panggung Gedung Kesenian Jakarta yang juga penuh dengan sejarah, saksikan “The Story of Man: In Search of New Ideals” yang akan tayang pada hari Minggu, 7 Maret 2021 pk. 16.00 di YouTube Channel Namarina Youth Dance. Untuk informasi dan registrasi, hubungi WhatsApp Namarina Youth Dance atau melalui email namarinayouthdance@gmail.com.

Pradiva Sawarno & Irninta Dwitika

Baca juga:
Studio to Stage
Mengenal Para Penari Namarina Youth Dance